MENAIKKAN OKTAN BENSIN ANDA DENGAN MENGGUNAKAN POWERMAX

Apa sebenarnya perbedaan Premium oktan 88 dengan bensin beroktan di atasnya? Mobil-mobil yang diproduksi tahun 1990-an ke atas mensyaratkan penggunaan bensin dengan bilangan oktan 90 ke atas. Di Indonesia, ada dua jenis bensin beroktan 90, yaitu bensin oktan 92 dan oktan 95.
Bensin oktan 92 dikenal dengan nama Pertamax (produksi Pertamina), Super (produksi Shell), dan Primax (produksi Petronas). Sedangkan bensin oktan 95 biasa disebut Pertamax Plus (Pertamina), Super Extra (Shell), dan Primax95 (Petronas). Adapun bensin Premium yang dipakai sebagian besar pengguna
kendaraan bermotor di Indonesia adalah bensin dengan kadar oktan 88. Apa yang terjadi jika mobil keluaran 2000 menggunakan oktan 88? Yang jelas piston menjadi bolong. (untuk menghindari piston bolong gunakan PoweMax penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin, pesan sekarang juga) Baca : bagaimana jika mobil diisi oktan yang lebih rendah
Oktan adalah angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan di dalam mesin sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran bensin dan udara (berbentuk gas) bisa terbakar sendiri secara spontan sebelum terkena percikan api dari busi. Jadi, semakin tinggi angka oktannya, semakin lama bensin itu terbakar spontan. Ini akan membuat ruang pembakaran menjadi kotor, dan boros bahan bakar, agar hemat ruang bakar bersih gunakan PoweMax , penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin. (jual penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin)
Pembakaran spontan ini menimbulkan ketukan di dalam mesin yang biasa disebut gejala ngelitik atau knocking. Pembakaran spontan ini sebisa mungkin dihindari dengan angka oktan yang tinggi. Jika masih menggunakan premium yang beroktan 88, maka mesin akan ngelitik atau knocking (gunakan PowerMax, pengehemat bbm hemat bbm bahan) bakar bensin agar mesin tidak ngelitik).
Sesuai Ketentuan
Ketika harga Pertamax semakin tinggi, banyak orang lalu beralih ke Premium padahal mobil yang digunakan memiliki spesifikasi bensin beroktan tinggi. pemakaian bensin yang kadar oktannya tidak sesuai akan menyebabkan mesin menjadi ngelitik. Ngelitik terjadi karena bensin lebih cepat terbakar secara spontan sehingga tenaga untuk menggerakkan mesin serta beban kendaraan lebih kecil dari yang dibutuhkan. Sistem pemeringkatan oktan (octane rating) adalah ukuran seberapa besar suatu jenis bensin bisa mencegah terjadinya ngelitik pada mesin. Untuk itu gunakanlah PowerMax, penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin. (jual penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin)
Biasanya angka oktan rekomendasi pabrik ini dicantumkan dalam buku manual maupun di dekat tutup tangki bensin mobil. Tapi banyak dari kita mengabaikannya, ini dikarenakan harga Pertmax yang tinggi, sehingga banyak beralih menggunakan premium, tetapi ada solusinya, bisa terus pakai premium tapi dicampurkan dengan PowerMax penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin sehingga oktan akan sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrik (jual penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin)
Berkaitan dengan rencana pemerintah untuk mendorong pengguna mobil pribadi memakai Premium oktan 90, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Freddy Sutrisno mengatakan, rata-rata mobil keluaran terbaru memang sudah mensyaratkan pemakaian bensin beroktan tinggi. “Dianjurkan untuk selalu mematuhi persyaratan oktan yangdiberikan pabrik. Kalau tidak bisa berisiko membatalkan garansi.
Mohammad Arief Adrianto, Redaktur Pelaksana Majalah Otomotif, menambahkan, pemakaian bensin oktan di atas 90 memang bisa menambah tenaga. Tetapi, itu hanya berlaku pada mobil-mobil yang memang memiliki spesifikasi bahan bakar oktan tinggi. Untuk mobil yang dibuat tahun 1980-an, pemakaian Premium saja sudah cukup karena tidak akan menambah performa mobil.
Kadar oktan dalam bensin juga sering dikait-kaitkan dengan soal ramah lingkungan. Dengan menggunakan campuran PowerMax akan menjadikan kualitas premium yang bebas timbal, jadi ramah lingkungan. faktor ramah lingkungan pada bensin ditentukan oleh ada tidaknya kandungan timbal (tetraethyl lead/TEL) dalam bensin. Saat ini, semua produk bensin oktan di atas 90 sudah tidak mengandung timbal. Bahkan di Jabodetabek dan Jawa Barat, Premium yang dijual di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) tidak lagi mengandung timbal. Gunakanlah PowerMax penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin yang ramah lingkungan.
Bensin beroktan tinggi pada mobil yang memiliki spesifikasi oktan di atas 90 membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Ini disebabkan bensin lebih lama terbakar sehingga mesin bisa efisien. Dengan sedikit bahan bakar, bisa menghasilkan tenaga yang banyak, inilah kenapa bila memakai PowerMax bisa membuat lebih irit, karena Memecah molekul bahan bakar menjadi lebih lembut (Bio Nano Technology) menimbulkan reaksi seketika mudah dikabutkan mudah terbakar dalam ruang bakar pembakaran menjadi sempurna sehingga dapat meningkatkan tenaga & akselerasi. Dengan memakai PowerMax (penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin) premium akan memiliki spesifikasi oktan di atas 90, sesuai yang direkomendasikan pabrik.
Pemakaian bensin oktan tinggi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil hanya akan menyebabkan pemborosan. Jelas kenapa kita harus menggunakan PowerMax, karena meningkatkan oktan yang membuat pembakaran lebih sempurna, PowerMax memecahkan molekoul menjadi lebih kecil diruang pembakaran, sehingga ketika masuk ruang pembakaran hasilnya menjadi lebih sempurna, pembakaran lebih cepat dan yang paling penting adalah lebih irit. (jual penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin)
Pengukuran oktan
Pengukuran angka oktan dilakukan dengan membandingkan kemampuan mencegah ngelitik antara suatu jenis bensin dengan campuran kimia antara senyawa isooktan dan n-heptan. Bensin beroktan 88, misalnya, berarti memiliki kemampuan mencegah ngelitik sama dengan campuran yang terdiri atas 88 persen isooktan dan 12 persen n-heptane.
Ada dua kategori angka oktan ini, yakni RON (research octane number) dan MON (motor octane number). RON diperoleh dari simulasi kinerja bahan bakar saat mesin dioperasikan dalam kondisi standar, sementara MON menunjukkan kinerja bahan bakar saat mesin dioperasikan dalam kondisi lebih berat. Angka oktan MON bisa 10 poin lebih rendah dibandingkan angka oktan RON. Angka oktan yang kita lihat di belakang nama produk bensin di SPBU adalah RON. Pengecualian di pasar Amerika Serikat, angka yang tertera di SPBU adalah nilai rata-rata dari RON dan MON, sehingga lebih rendah dibandingkan oktan yang tertera di negara-negara lain.
Mulailah hemat bbm dengan mengunakan PowerMax (penghemat bbm hemat bbm bahan bakar bensin), yang ramah dengan lingkungan. Apakah kita akan membiarkan kendaraan menjadi lebih keras kerjanya hanya karena menggunakan premium yang beroktan 88.
Kenapa harus pakai POWERMAX ?
Karena POWERMAX
1. Memecah molekul bahan bakar menjadi lebih lembut (Bio Nano Technology) menimbulkan reaksi seketika mudah dikabutkan mudah terbakar dalam ruang bakar pembakaran menjadi sempurna sehingga dapat meningkatkan tenaga & akselerasi
2. Menghemat konsumsi bahan bakar minyak bensin / solar 10 – 30%
3. Mencegah mesin ngelitik / detonasi / kinclong
4. Melarutkan air dan mencegah karat dalam tangki bahan bakar
5. Mengurangi deposit karbon pada ruang bakar & Asap Hitam pada gas
6. Mengurangi kadar polusi pada gas buang, non timbale (sekelas dengan Pertamax)